Blog Entry
MauliD DilaranG, KitA JangaN Pak3 Celan@
Mantan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mengatakan, perayaan maulid Nabi Muhammad Saw yang lumrah diselenggarakan umat Islam di berbagai penjuru dunia, sebetulnya tidak pernah ada masa Nabi Muhammad Saw sendiri.
Sultan Shalahuddin al-Ayyubi, kata Gus Dur, adalah muslim pertama yang menyelenggarakan maulid nabi. Tujuannya, adalah untuk menyemangati kaum muslimin yang tengah berperang melawan pasukan Kristen dalam Perang Salib.
“Jadi maulid nabi itu tidak ada pada zaman Nabi Muhammad Saw”.
Demikian dikatakan Ketua Dewan Syura DPP PKB itu saat menjadi narasumber pada acara Kongkow Bareng Gus Dur, di Green Radio, Jl Utan Kayu No. 68 H Jakarta, Sabtu (15/03/2008) pagi.
Gus Dur mengecam kelompok tertentu yang menganggap perayaan maulid nabi sebagai bid’ah atau sesuatu yang terlarang dilaksanakan dalam agama Islam. “Kalau ada yang mengharamkan maulid, ya sama saja memaki-maki Shalahuddin al-Ayyubi. Ya, silahkan saja,” kata Gus Dur ringan.
Dia lantas menanyakan, apakah secara otomatis apapun yang tidak berasal dari Nabi Muhammad Saw itu tidak boleh dilakukan?
“Kalau begitu, kita jangan pakai celana. Pada zaman Nabi Muhammad Saw, celana itu nggak ada kok. Sepatu dan sepeda juga nggak ada,” ujarnya. “Masak sih naik sepeda aja bid’ah?,” imbuhnya heran.
“Kalau begitu, apa batasan budaya dan agama?” tanya seorang pendengar.
Dalam jawabannya, Gus Dur menyatakan, agama itu bersifat mengikat kita karena menyangkut keyakinan kita sebagai pemeluknya, yaitu keyakinan terkait adanya Tuhan Yang Maha Esa dan Nabi Muhammad Saw sebagai pesuruh-Nya. Sedang budaya, ujarnya, itu buatan manusia sendiri.
“Saya pakai celana, ini kan budaya saja, bukan agama,” katanya.
“Di daerah saya, ada nonmuslim yang meninggal. Tapi sebelumnya ia minta ditahlili. Bagaimana menurut Gus Dur?” tanya pendengar yang lain.
Menurut Gus Dur, mendoakan nonmuslim yang telah meninggal tidak masalah sama sekali dan karenanya tidak perlu diributkan. “Itu hanya didoakan tho? Ya boleh saja,” jawabnya.
Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog Kardian Success Line, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 komentar:

Post a Comment