Syaikh Muhammad Al-Amin Asy-Syinqithy (1325-1393 H)


Beliau Rohimahullah adalah Syaikh Al- Mufassir Abu Abdillah Muhammad Al-Amin bin Muhammad Al-Mukhtar bin Abdul Qadir bin Muhammad bin Ahmad Nuh bin Muhammad bin Sayyidi Ahmad bin Mukhtar Al-Jakny Asy-Syinqithy, dari kabilah Jakniyyin pecahan kabilah Himyar.
Beliau dilahirkan pada tahun 1325 H di Syinqith Mauritania Afrika Utara dalam lingkungan keluarga yang dikenal dengan keilmuan dan keperwiraan mereka.
Pertumbuhan Ilmiahnya dan Guru-gurunya
Beliau tumbuh di Syinqith di dalam lingkungan yang penuh dengan pancaran ilmu. Ayahandanya meninggal dunia ketika beliau masih kecil dengan meninggalkan harta yang banyak, kemudian beliau tinggal di rumah keluarga ibunya.
Pada umur 10 tahun beliau telah hafal Al-Qur’an di bawah bimbingan paman dari pihak ibunya Abdullah bin Muhammad Al- Mukhtar. Sesudah itu beliau belajar rasm Utsmany (salah satu bentuk tulisan Arab) di bawah bimbingan anak pamannya Sayyidi Muhammad bin Ahmad bin Muhammad Al-Mukhtar.
Demikian juga beliau belajar tajwid dengan riwayat Warsy dan Qalun, sebagaimana beliau belajar kepadanya ringkasan fiqh Maliki seperti rajaz Syaikh Ibnu ‘Asyir.

Beliau belajar sastra Arab kepada istri pamannya Ummu Waladil Khal. Beliau belajar kepadanya dasar-dasar nahwu seperti Al-Ajrumiyyah, nasab- nasab Arab, sirah nabawiyyah,nazhm Ghazawat oleh Ahmad Badawi Asy-Syinqithy dan syarhnya.
Beliau belajar mukhtashar Khalil kepada Syaikh Muhammad bin Shalih, sebagaimana beliau belajar kepadanya Alfiyyah Ibnu Malik. Kemudian mempelajari bidang-bidang ilmu syar’i lainnya kepada para masyayikh dari kabilah Jakniyyin seperti: Syaikh Ahmad Al-Afram bin Muhammad Al-Mukhtar, Syaikh Al-Allamah Ahmad bin Umar, Syaikh Al-Faqih Muhammad Ni’mah bin Zaidan, Syaikh Al-Faqih Ahmad bin Mud, Al-Allamah Ahmad Fal bin Aaduh, dan yang lainnya.
Tugas-tugas Yang Diembannya di Negerinya
Tugas beliau Rohimahullah di negerinya, Mauritania, tidak berbeda dengan para ulama yang lainnya seperti mengajar dan berfatwa, hanya saja beliau terkenal dengan keahliannya dalam qadha’ (mengadili permasalahan dengan hukum syar’i) meskipun waktu itu ada hakim dari Perancis yang memakai undang-undang Perancis.
Para penduduk di sekitar beliau lebih percaya kepada beliau sehingga apabila ada suatu permasalahan, mereka datang kepada beliau untuk menyelesaikannya.
Pindahnya Beliau ke Arab Saudi
Beliau Rohimahullah berangkat dari negerinya menuju ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah. Beliau berniat setelah haji akan pulang kembali ke negerinya.
Ketika di negerinya, beliau sering mendengar berita-berita negatif tentang negeri Saudi yang disebarkan oleh musuh-musuh Islam. \
Waktu perjalanan haji secara kebetulan beliau singgah di samping khemah Amir (Pangeran) Khalid As-Sudairy. Saat itu Amir Khalid sedang membicarakan masalah sastra Arab dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Amir Khalid memiliki kemahiran dalam sastra Arab, orang-orang di sekitarnya mengharap Syaikh Muhammad Al- Amin untuk ikut serta dalam pembicaraan tersebut.
Ketika Syaikh ikut masuk dalam diskusi tersebut mereka dapati beliau laksana lautan yang tidak bertepi dalam keilmuannya. Sebelum berpisah, Amir Khalid berpesan kepada Syaikh agar sesampainya di Madinah menemui dua orang ulama yaitu Syaikh Abdullah Az-Zahim dan Syaikh Abdul Aziz bin Shalih, keduanya adalah imam Masjid Nabawi.
Sesampainya beliau di Madinah beliau menemui kedua syaikh tersebut. Beliau sampaikan dengan terus terang kepada keduanya tentang berita-berita negatif yang beliau dengar di negerinya tentang negeri Saudi. Syaikh Abdul Aziz bin Shalih dan Syaikh Abdullah Az-Zahim menanggapi apa yang disampaikan oleh Syaikh Muhammad Al-Amin dengan bijaksana. Terjadilah diskusi yang panjang antara ketiganya yang sampai kepada kesimpulan bahwa apa yang selama ini didengar oleh Syaikh Muhammad Al-Amin tentang negeri Saudi adalah berita yang keliru dan bahwasanya negeri Saudi adalah negeri yang mendakwahkan Kitab dan Sunnah sesuai dengan pemahaman generasi yang paling mulia yaitu generasi para sahabat, tabi’in, tabi’ut tabi’in. Selain itu negeri Saudi berjuang menyebarkan aqidah yang shahihah. Dari situ timbullah hasrat Syaikh Muhammad Al-Amin untuk bertempat tinggal di Madinah, dan dengan Surat Keputusan Malik Abdul Aziz, raja Saudi waktu itu beliau ditugaskan mengajarkan pelajaran tafsir di Masjid Nabawi.
Pengabdiannya Kepada Islam dan Kaum Muslimin
Pengabdian beliau Rohimahullah yang terbesar adalah halaqah ta’limnya di Masjid Nabawi. Masjid Nabawi adalah lembaga pendidikan pertama dalam Islam di saat Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam menyampaikan risalahnya dalam majelis-majelisnya kepada para sahabat Rodhiallahu ‘anhu. Demikian juga Jibril pernah datang untuk mengajarkan agama di masjid Nabawi sebagaimana dalam hadits Jibril yang masyhur. Demikian juga pada zaman Khulafa’ur Rasyidin hingga saat ini Masjid Nabawi adalah lembaga pendidikan terbesar yang mengajarkan Islam yang shahih kepada kaum muslimin.
Pada tahun 1371 H didirikan Ma’had Ilmi di Riyadh demikian juga Fakultas Syari’ah dan Fakultas Bahasa Arab. Beliau ditugasi mengajarkan pelajaran Tafsir dan Ushul di Ma’had Ilmi dan kedua Fakultas tersebut hingga tahun 1381 H.
Di samping di lembaga resmi di atas beliau juga mengajarkan kaidah-kaidah ushul di masjidnya yang dihadiri oleh para penuntut ilmu dan orang-orang umum. Demikian juga beliau mengajarkan syarah atas Maraqi Su’ud di rumahnya kepada para penuntut ilmu.
Ketika Universitas Islam Madinah didirikan beliau terpilih menjadi salah seorang guru besarnya dan sekaligus sebagai penasehat dan tim kurikulum mata kuliahnya.
Pada tahun 1386 H didirikan Sekolah Hakim Tinggi di Riyadh dengan rektornya Syaikh Abdur Razzaq Afifi, beliau ditugaskan sebagi dosen terbang pada sekolah tinggi tersebut dalam mata kuliah Tafsir dan Ushul.
Ketika Universitas Islam Madinah mengirim rombongan dakwah ke luar negeri beliau menjadi ketua rombongan dakwah tersebut dengan tujuan 10 negara di Afrika dimulai dari Sudan dan diakhiri dengan Mauritania tempat kelahiran beliau.
Beliau Rohimahullah memiliki banyak ceramah-ceramah dakwah dan diskusi yang direkam dalam kaset yang semuanya menunjukkan metode beliau di dalam bergaul dengan pemerintah, para penuntut ilmu dan orang-orang awam di dalam berdakwah.
Ketika dibentuk Hai’ah Kibarul Ulama Saudi beliau terpilih menjadi salah seorang anggotanya. Beliau juga pernah memimpin salah salah satu daurah Hai’ah tersebut.
Metode Ilmiahnya
Di dalam masalah fiqih beliau memiliki keluasan di dalam Ushul dan dalil. Beliau paparkan dengan menyeluruh pendapat para ulama dalam suatu masalah dan beliau rajihkan pendapat yang menurut pandangan beliau lebih dekat kepada dalil. Beliau dikaruniai Alloh keluasan ilmu, kekuatan istidlal, dan kejelian dalam mentarjih.
Di dalam masalah aqidah beliau jelaskan aqidah dengan penjelasan yang gamblang disertai dengan kaidah-kaidah yang sesuai dengan aqidah para sahabat, tabi’in dan tbi’ut tabi’in.
Beliau hidupkan ilmu Ushul Fiqh, beliau buka pintunya, beliau mudahkan jalannya yang sulit dan beliau dekatkan uslub(metode)nya.
Beliau hidupkan adab riset dan diskusi dengan meletakkan kaidah-kaidahnya yang sekaligus merupakan khidmah (pelayanan) kepada ilmu aqidah dalam menjelaskan permasalahannya dan sekaligus membelanya dari tuduhan-tuduhan yang keliru.
Beliau buka metode baru dalam tafsir Al-Qur’an dengan menepis majaz di dalam menafsirkan ayat, menjelaskan beberapa ayat yang disangka beberapa orang berbenturan satu dengan yang lainnya.
Beliau luruskan pemahaman- pemahaman yang keliru, di antaranya pengagungan terhadap ilmu manthiq. Beliau jelaskan hakekat ilmu manthiq yaitu ilmu yang mengajak. manusia agar mendahulukan akal di atas nash dan membenturkan akal dengan nash. Dia adalah sarana untuk membuat keragu-raguan dalam aqidah yang shahihah.
Sifat-sifatnya
Beliau dikenal pemberani di dalam menampakkan kebenaran, demikian juga terkenal mudah kembali dari suatu pendapat yang keliru jika nampak kepada beliau dalil yang lebih kuat.
Beliau dikenal dengan kezuhudannya pada dunia, menjaga kesucian dirinya dari meminta dan mengharap apa yang di tangan manusia. Selama hidup beliau di Kerajaan Arab Saudi beliau tidak pernah sekalipun meminta pemberian atau jabatan. Jika datang suatu pemberian kepada beliau tanpa beliau memintanya maka beliau menerimanya dan membagikan langsung pemberian tersebut kepada orang-orang yang membu tuhkan. Ketika beliau meninggal beliau tidak meninggalkan dinar dan dirham sedikit pun.
Beliau dikenal dengan akhlaknya yang mulia, tidak pernah menghardik seorang pun, tidak pernah membicarakan kejelekan manusia. Ada seorang yang mengatakan tentang beliau, “Beliau tidak memiliki aib kecuali satu, yaitu: Kami merasa kehilangan beliau ketika beliau meninggal dunia,”
Penghargaan Pemerinlah Saudi Kepadanya
Beliau dengan keilmuannya, nasehatnya, keluhuran akhlaknya, dan kesungguhannya mendapat penghormatan dari pemerintah Saudi, terutama raja Saudi Malik Abdul Aziz bin Abdur Rahman dan saudaranya Amir Abdullah bin Abdur Rahman.
Malik Abdul Aziz menganuge rahkan kewarganegaraan Saudi kepada beliau, keluarga beliau, dan orang-orang yang menjadi tanggungan beliau.
Ketika raja Maroko Malik Muhammad V mengunjugi Riyadh beliau meminta agar Syaikh Muhammad Al-Amin menyertainya dalam ziarah ke Madinah, sesampainya di Madinah Syaikh Muhammad Al-Amin menyampai kan ceramah di Masjid Nabawi dengan dihadiri oleh Malik Muhammad V dengan judul Alyauma Akmaltu lakum Dinakum wa Atmamtu ‘alaikum Ni’mati.
Pujian Para Ulama Kepadanya
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin berkata, “Kami dulu menjadi murid di Ma’had Ilmi Riyadh, ketika kami duduk di dalam kelas tiba-tiba masuklah seorang syaikh (yaitu Syaikh Muhammad Al- Amin Asy-Syinqithy). Ketika aku melihatnya, aku katakan dalam hati: Ini orang Arab Badui, tidak berilmu, tidak memperhatikan pakaian dan penampilannya, jatuhlah prestisnya dalam pandangan kami, teringatlah aku kepada Syaikh As-Sa’dy dan aku katakan, ‘Bagaimana aku tinggalkan majelis Syaikh As-Sa’dy dan aku duduk di depan Badui ini?’ Ketika Syaikh Muhammad Al-Amin Asy-Syinqithy memulai pelajarannya, mengalirlah dengan deras kepada kami faidah-faidah ilmiahnya dari lautan ilmunya yang luas. Nampaklah kepada kami bahwa kami sekarang sedang di hadapan seorang ulama yang mumpuni dan terkemuka, maka kami mengambil faidah ilmu beliau, akhlaqnya, kezuhudan dan wara’nya.”
Syaikh Rabi’ bin Hadi Al- Madkhaly berkata, “Beliau adalah Al-Imam Al-Allamah Al-Mufassir Al-­Faqih Al-Ushully. Sulit dicari bandingannya di zaman ini dari segi hafalannya, kecerdasannya, dan pemahamannya terhadap realita kehidupan.”
Syaikh Bakr bin Abdullah Abu Zaid berkata, “Guru kami Syaikh Muhammad Al-Amin Asy-Syinqithy adalah seorang yang tidak begitu memperhatikan dunia. Aku menyaksikan sendiri beliau tidak bisa membedakan antara nilai mata uang kertas. Beliau pernah berkata kepadaku, ‘Aku telah datang dari negeriku Syinqith dengan membawa sebuah gudang yang jarang dimiliki oleh seseorang, yaitu qana’ah. Seandainya aku menghendaki jabatan, aku tahu jalan untuk mendapatkannya, tetapi aku tidak mengutamakan dunia di atas akhirat. Aku tidak mau menjadikan ilmu sebagai sarana untuk mendapatkan kesenangan dunia.”
Syaikh Ali bin Nashir Faqihi berkata, “Beliau adalah Al-Allamah dalam ilmu tafsir, ushul dan semua disiplin ilmu. Tidak pernah dijumpai bandingannya di zaman sekarang. Beliau memiliki keluasan pandang, kejelian pemahaman, dan pemahaman yang dalam tentang permasalahan- permasalahan zaman sekarang. Beliau jelaskan perbedaan antara aturan-aturan zaman sekarang mana yang menyelisihi syari’at dan mana yang tidak menyelisihi kaidah-kaidah syar’i.”
Syaikh Abdul Aziz bin Shalih, Alu Syaikh berkata, “Aku tidak pernah melihat orang yang lebih mahir dalam idarah dari beliau, bersamaan dengan jauhnya wawasan di dalam semua urusan dan bagusnya perencanaan.”
Murid-muridnya
Di antara murid-muridnya adalah Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, Syaikh Abdul Muhsin bin Hamd Al-Abbad, Syaikh Shalih Al-Fauzan, Syaikh Ali bin Nashir Faqihi, Syaikh Rabi’ bin Hadi Al-Madkhaly, Syaikh Bakr bin Abdullah Abu Zaid, Syaikh Athiyyah Muhammad Salim, dan masih banyak lagi selain mereka.
Tulisan-tulisannya
Di antara tulisan-tulisan beliau adalah: Nazham fi Ansabil Arab, Rajaz fi Furu’ Madzhab Malik, Alfiyyah fil Manthiq, Nazhm fil Fara’idh, Man’u Jawazil Majaz fil Munazzal Litta’abbud wal I’jaz, Daf’u Ihamil Idhthirab ‘an Aayil Kitab, Mudzakkirah fi Ushulil Fiqh, Adabul Bahts wal Munazharah, Adhwa’ul Bayan fi Idhahil Qur’an bil Qur’an, Ayatush Shifat, Hikmah Tasyri’, Al-Matsalul Ulya, Mashalih Mursalah, Haula Syubhatu Raqiq, Al-Yauma Akmaltu lakum Dinakum wa Atmamtu ‘alaikum Ni’mati, dan yang lainnya.
Wafatnva
Syaikh Muhammad Al-Amin Asy-Syinqithy wafat di Makkah pada waktu Dhuha hari Kamis, 17 Dzulhijjah tahun 1393 H sepulang dari melaksanakan ibadah haji dan dimakamkan di pekuburan Ma’la di Makkah, Semoga Allah meridhai nya dan menempatkannya dalam keluasan jannah-Nya.

Sumber: Syaikh Muhammad Al-Amin Asy-Syinqithy oleh Syaikh Athiyyah Muhammad Salim.Kindle Lighted Leather Cover, Black (Fits 6" Display, Latest Generation Kindle)
Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog Kardian Success Line, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 komentar:

Post a Comment