VitalitaS ThoharoH
Arti thoharoh secara bahasa ialah suci atau bersih dari kotoran. Adapun arti secara istilah adalah menghilangkan sesuatu yang menyebabkan tidak sahnya ibadah, baik aplikasinya berwujud wudlu ataupun mandi. Thoharoh menjadi salah satu hal yang super penting dalam menentukan sah tidaknya peribadatan. Sebab thaharoh punya andil besar dalam hal ini. umpama, manakala seseorang berhadats (baik kecil maupun besar, misal junub), lantas ia melakukan shalat tanpa thoharoh terlebih dahulu, maka sholatnya tidak sah menurut hukum fiqih, bahkan berdosa orang tersebut jika ia dalam keadaan hadats besar. Hal seperti inilah yang menhadikan vitalitas thoharoh dalam kehidupan kita.

Ironisnya, kadang penulis yang terbatas pemahamannya tercengang dalam renungan manakala  saudara-saudara kita banyak yang tidak memperhatikan thaharoh. Padahal masalah ini amat penting dalam keabsahan peribadatan. Terlebih bagi eanita yang mau tak mau harus melakukan penyucian khusus dalam tenggat satu bulan sekali.

Sebagai contoh pentingnya thoharoh, tentu kita sering menjadi saksi berbondong-bondongnya manusia memasuki baitullah (masjid) saat bulan ramadhan tiba atau saat shalat 'ied maupun shalat jum'at. Di balik itu yakinkah kita bahwa semua manusia dalam keadahan terbebas dari hadats? Apakah bagi mereka yang hadats besar -misalnya- telah sempurna kesuciannya, telah sesuai syari'at islam dalam melakukan mandi hadats besar (mandi jinabat)? Sehingga mereka dengan rasa tak bersalah melakukan sholat yang dalam literatur ilmu fiqih merupakan hal yang diharamkan (disamping haram puasa, membaca qur'an, membawa mushaf,dll) bagi mereka yang masih hadats besar. Sudah luruskah niat mandi jinabat mereka? Atau malah lupa akan niat? Lantas kalau pondasinya roboh (mandinya tidak syah), apakah bangunan itu tetap kokoh (ibadahnya tetap absah).

Kita memang mengenal istilah 'awam (tidak tahu apa-apa), tapi kenapa si awam yang sadar akan ketidaktahuannya tidak juga beranjak untuk mempelajari ilmu yang super penting dalam berperan sebagai wasilah pada roda kehidupan abadi yang akan ia alami nanti.
Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog Kardian Success Line, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 komentar:

Post a Comment