Air Sumber Kehidupan
Oleh: Tajus Syarof

Air merupakan kebutuhan paling pokok bagi kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup. Bukan hanya bagi manusia dan binatang, bahkan bagi tumbuhan yang merupakan mata rantai kehidupan yang paling utama.Bagi sebagian binatang, air juga menjadi tempat tinggal bagi mereka.
Begitu pentingnya air sangat kita rasakan. Tanpa minum air (air putih:red) yang cukup, kita akan kehausan. Bahkan jika hal itu berkelanjutan, kita akan mengalami dehidrasi. Beberapa gejala seperti sakit kepala, pegal, air seni yang pekat, tidak tahan terhadap panas, serta mulut dan mata yang kering akan terjadi pada tubuh kita. Maka jangan lupa untuk minum air putih minimal 8 gelas setiap hari atau sekitar 2 liter air. Mengingat 80% tubuh kita terdiri dari air, dan sekitar 2 liter air dalam tubuh terbuang melalui kulit, paru-paru, usus dan ginjal. Jika anda berolah raga, anda akan membutuhkan lebih banyak air. Demikian pula jika anda tinggal di daerah beriklim panas.
Selain menghilangkan haus, beberapa manfaat minum air 8 gelas sehari diantaranya:




Membuat tubuh lebih sehat, minum air yang cukup dapat membantu distribusi nutrisi ke seluruh tubuh menjadi lancar. Juga akan meringankan kerja ginjal dan hati sehingga menghindarkan kita dari penyakit yang menyerang organ-organ tersebut.
Melancarkan pencernaan, minum air dapat membantu melancarkan pembuangan racun hasil metabolisme tubuh. Ini akan menghindarkan kita pada penyakit pencernaan, seperti maag dan sembelit.
Membantu menjaga kulit tetap kenyal dan lembab dari dalam tubuh, karena air tidak berkalori, juga bebas lemak dan kolestrol.
Membantu meningkatkan kesuburan, terutama bagi anda yang sedang merencanakan kehamilan. Karena air membantu merangsang produksi hormon testoteron pada pria, dan hormon estrogen pada wanita.
Begitu banyak manfaat air bagi tubuh, tapi tidak semua air aman untuk dikonsumsi. Bila air minum tidak bersih, dapat menyebabkan diare atau penyakit lainnya. setidaknya bebarapa jenis air minum di sekitar kita yang dapat di konsumsi, seperti:
Air tanah, untuk daerah pedesaan biasanya dapat di ambil dari sumur. Tapi perlu di waspadai jika sumber air terdapat di kawasan industri atau lokasi pembuangan sampah. Untuk daerah kota besar, kebanyakan air tanah sudah tidak layak untuk di konsumsi, karna sudah tercemar oleh banyaknya limbah pembuangan industri maupun rumah tangga sehingga mencemari air tanah.
Air PAM. Di produksi oleh perusahaan air minum(PAM), untuk menghasilkan air yang baik, PAM telah memiliki teknologi untuk mengolah air minum, tetapi ini juga dipengaruhi oleh kualitas dari air olahan, apakah tercemar atu tidak.
Air minum dalam kemasan, yaitu air yang di olah dengan teknologi khusus sterilisasi. Kemudian dikemas dalam botol plastik ataupun wadah lainnya. Perusahaan yang memproduksi air minum harus memiliki izin dari BPOM(badan pengawas obat dan makanan) melalui uji laboratorium.
Air Minera, yaitu air yang diperoleh dari sumbernya, umumnya dari pegunungan dan langsung dikemas sehingga terdapat mineral didalamnya dengan kadar yang diperbolehkan.
Air Heksagol, air jenis ini memiliki rangkaian molekul yang terstruktur, berbentuk segi enam sehingga disebut heksagol. Secara alami air ini terdapat dalam sumur air zam-zam di Mekkah, Pegunungan Alpen, Swiss, dan di Lourdes. Air jenis ini lebih mudah diserap oleh tubuh, lebih cepat menghantar nutrisi untuk seluruh tubuh , membuang racun sisa metabolisme, serta akan mengoptimalkan metabolisme tubuh. Juga dipercaya lebih menyehatkan untuk tubuh, serta dapat mencegah penuaan.
Sekarang anda telah mengetahui manfaat minum air, serta dapat menentukan air yang dapat dikonsumsi.

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog Kardian Success Line, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 komentar:

Post a Comment